Jakarta di Guyur Hujan, Gerbang Pintu Air Pasar Ikan Siaga2

Jakarta di Guyur Hujan, Gerbang Pintu Air Pasar Ikan Siaga2

Uncategorized

Jakarta di Guyur Hujan – Ibu Kota Jakarta kembali di guyur hujan deras pada kemari malam, total volume air di gerbang-gerbang pintu air terus bertambah hingga membuat status siaga terus naik ke level yang lebih tinggi.

Berita ini disampaikan langsung oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta lewat sebuah akun twitter resminya pada tanggal 14 September 2020. Tercatat juga pada pukul 21.00 waktu Indonesia bagian Barat, tinggi permukaan air di gerbang pintu air Pasar Ikan ialah 220cm hingga menyebabkan gerbang pintu air tersebut menjadi berstatus siaga2.

Hingga saat ini laporan cuaca dilokasi terpantau mendung dan berawan. Sementara itu gerbang pintu air Hulu Angke mendapatkan status siaga 3 dengan permukaan air yang mencapai 190cm. Cuaca dilokasi saat ini juga terpantau cenderung gelap dan berawan hitam.

Selain itu juga ada pintu air yang berada di kawasan kota DKI Jakarta mengalami peningkatan intensitas air, sehingga membuat banyak pintu air DKI Jakarta menjadi siaga 4 (masih normal).

Badan penanggulangan bencara daerah DKI Jakarta juga menyampaikan beberapa info peringatan terhadap cuaca di Jakarta yang terpantai mendung. Diperkirakan juga akan terjadi hujan lebat pada malam dini hari berkisar pukul 22.00 waktu Indonesia bagian Barat, hingga pukul 01.00.

“Prediksi: Masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang,” Begitu ucap akun twitter badan penanggulangan bencara daerah DKI Jakarta lewat akun twitter resminya.

BPBD juga menyarankan agar para pejabat khususnya para camat dan lurah untuk segera siap siaga dan menyiapkan langkah antisipasi untuk menanggulangi banjir apabila nanti terjadi. Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) juga diminta untuk tetap siap siaga demi menyambutnya intensitas hujan deras yang berpotensi membuat banjir terjadi di DKI Jakarta dini hari.

“Kepada OPD terkait, para Camat & Lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan SATGAS BANJIR/PKLG DSDA Kecamatan, hubungi 112 bila membutuhkan,” melalui postingan twitter resminya.

Warga Jakarta juga diminta untuk tetap waspada banjir yang mungkin saja bisa menggenangi daerah-daerah yang berpotensi banjir.